Minggu, 16 September 2012

sukes bukan tujuan melainkan sebuah perjalanan

sewaktu saya kecil ,,waktu saya sekolah SD saat itu yag terfikir adalah saya bisa rangking pertama,,bisa ngaji ,,bisa jadi orang sukses,,walau saya tidak tau makna sukses yang sebenarnya seperti apa,,saya mendapat nilai ujian nasional yang cukup baik,,dan saya melanjutkan ke MTs,,yang di sana banyak guru guru favorit saya dengan kemampuannya masing masing di bidang nya,,
saya pun semakin tak tertahan dan tak terkejar,,semua nilai yang saya dapatkan hasilnya sangat memuaskan,,saya terus rangking satu,,dan saya pun menjadi ketua osis saat itu,,
saat itu juga ada sekolah sepakbola di kampung saya,,dengan klub yang bernama fortuna,yang selalu menjadi langganan juara,,baik di desa,,maupun di kecamatan,,saya pun tak mau kalah dengan para pendahulu saya,,saya berlatih sekemampuan saya,,saya menjadi pengamat bola dari tahun 1997,,saat saya kelas 4 SD,,
pokoknya kalau ada acara bola di tv,,saya di pastikan bangun,,walau jam 2 pagi,,
saya tidak cukup mengenal dengan dunia pacaran..sebab saya merasa tidak cukup ganteng,,dan kurang modal,,,
hahaha,,maklum temen temn saya ganteng ganteng dan mereka hadir dari keluarga yang cukup tajir untuk ukuran saat itu,,
saya hanya bisa mengamati dan mendengarkan curhat curhat mereka,,saya hanya tersenyum labil,,dan sungguh kurang mengerti dengan yang namanya cinta,,
tahun 2002 ,akhirnya saya lulus ujian nasional dengan nilai yag kembali memuaskan,,
temn temen saya banyak yang melanjutkan ke sekolah sekolah unggulan dan favorit mereka,,
sedangkan saya hanya meratapi nasib saya,,yang tidak bisa seperti mereka,yang hadir dari keluarga yang cukup ada...
untuk melanjutkan ke sma 1 malangbong sajja saya tidak mampu kesana,,orang tua saya hanya bilang ..kemana ajjah sekolah mah,,gimana kita nya,,kata orang tua saya sambil tak kuasa lihat expresi raut wajah anaknya yang sepertinya kurang bisa menerima keadaan,,
saya pun masuk ke sekolah swasta MA al ulfah nama sekolah nya,,
saya hanya bisa ,menjalani tiap hari saya sekolah pagi,,yang bahkan saya harus sekolah hari minggu,,sebab liburnya hari jumat di sekolah itu,,
saya pun harus mulai melupakan main di klub saya di fortuna sebab latihan bola nya hari minggu,,saya pun tak bisa ikut latihaan karena sekolah saya masuk hari minggu,,
satu semester saya jalani saya pun kembali rangking 1,,tapi sungguh tak ada kepuasan di benak saya,,
sebab kalau denger teman teman saya yang mereka sekolah di bandung tasik,garut,,dengan pemahaman dan pengalaman mereka yang selalu membuat ku iri terhadap mereka,
di semester 2 ,,saya menjadi rangking 3 ,,sebab guru nya saat itu sangat tidak fair,,
saya dirangking 3 kan,,sebab saya belum bayar spp secara full,walau saya harus nya saya rangking 1.
saya un semakin tak bersemangat,,tak mengerti dan hanya bisa menjalani apa yang harus di jalani,,
idealisme saya tunrun drastis,,
kelas 2 aliyah,,saya sudah mulai tidak fokus dengan yang namanya belajar,,
hampir tiap hari saya kabur dari sekolah,,
penampilan yang kusut,,dan belajar yang hanya diam di kelas,,tak memperhatikan ..walau teman temn saya selalu sajja banyak yang nyontek sama sya padahal saya sudah tidak lagi terlalu pintar,,mungkin karena image saya ajjah yang pernah rangking 1,,
saya pun mulai beradventur menyelami kerasnya kehidupan di luar,,
saya ketemu dengan paman saya yang notabenenya banyak kelebihan di dunia gaul,,
saya pun ikut beradventur saat itu,,
saya banyak diajarkan tentang makna kehidupan,..
saat itu saya sedang di hadpakan broken home,,yang luar biasa,,
tak ada semangat lagi dalam menjalani kehidupan ini,,
hampir saja saya pun mau keluar sekolah,,
tapi banyak tekanan juga saya harus punya pacar agar saya ada semacam penyemangat dalam hidup saya,,
dan akhirnya saya pun menemukan sosok wanita idaman saya,walau dia masih sekolah kelas 1 mts..
tapi subhanalloh saya sangat terpukau dengan kecantikan dan kesederhanaan nya,,
yang banyak membuat saya jatuh cinta sama dia,,
dia mirip dengan sulis,,
tapi saat itu saya lebih suka mirip ririn dwi arianti,,
maka saya suka menjuluki dia my ririn,,
itulah yang selalu mengobati kegalauan saya,senyum dia,,kehidupan dia,,yang mau berkorban jauh dari orang tua tapi dia ikhlas menjalani nya hanya untuk mencari ilmu,,
orang tua nya dari bogor,,tapi dia bersedia tinggal di garut,dengan nenek dan bibinya,,
saya pun sangat kagum sama dia,,
nama lengkap nya adalah husni firda barsyiah..
nama yang sudah terpahat dan terukir dalam hatiku,,,,
dia lah cinta pertama saya,,
 "my ririn" itu lah julukan nama pacar saya,, saat saya kelas 2 aliyah,,
dia bilang kalau wahyu cinta sama nda,,tamatin skolah,,dan nda yakin wahyu bisa,,
nda nyaah sama wahyu,,
kata kata itu selalu melekat sampai saat ini,,
saya pun harus melanjutkan,,
dan di tambah lagi dengan buku esq iman islam ,,yang di tulis pak ary gunanjar,,itulah yang selalu membuat saya teris nerusaha semangat, dalam menjalani kehidupan ini,,
saya pun akhirnya bisa tamat di ma al ulfah dengan nilai yang cukup sajja,,sebab saya hanya target lulus saja,,saya jatuh di rangking 13,,jahaha...
itu  pun cukup lumayan maklum saya adalah juara alfa..sebab sya jarng sekolah,,
tapi mungkin karena kemampuan saya saja yang menyelamatkan repputasi di kelas,
walau saya cukup banyak aktif di osis sewaktu aliyah,,tapi semua nya banyak di pakai untuk mencari jati diri saja,,mengukur sejauh mana kemampuan saya,,
setelah itu saya hanya bisa bekerja pada buruh bangunan,,sedih rasanya,,sebab kembali rasa mindet say bangkit kembali,,takut pacar saya pun menjadi malu,,
taapi subhanalloh..dia malaha bangga punya pacar seperti saya,,sebab dia bilang yang poenting itu halal,,
dia hnya bisa bilang smoga bisa selalu bahagia dan bersyukur dimana pun kita berada,,
akhirnya motivasi itu bangkit kembali,,
saya pun harus buktikan sama saya sendiri bahwa saya harus bisa,dan saya harus buktikan pada orang tua saya saya bisa bangkit dan sukses..
2006 akhirnya saya  bisa pulang kerja dari bekasi,,
saya pulang karena paman saya nikah pada saat itu,,
saya pun pergi dengan pacar saya,,daan saya mersa bangga ,,bari pertama kali ke uleman sama pacar,,
dan sesudah itu,,paman saya nawarin saya untuk mengajar di skolah mts,,tempat saya belajar dulu,,
saya pun nanya sama tmn teman,orang tua dan pacar saya,,gimana,,semua menjawab coba ajjah dulu yu,,.
saya pun masuk sebagai pengajar di mts yasmu,,dengan predikat guru ternuda 19 tahun saat itu usia saya,,
dan tak tanggung tanggung saya ngajar 4 mata pelajaran sekaligus,
penjaskes,b inggris,b arab,dan ips,,
woowww,, luar biasa,,,saya bisa menjadi guru olaharaga,,mimpi saat saya mts dulu,,
Allohu Akbar,,
2007 saya terpaksa harus kuliah karena desakan pendidikan yang menghruskan S1 sebagai tenaga pendidik,,
dengan bermodal yakin saya menjalani kuliah yang berat,,
betapa tidak,,gaji saya tidak sebanding dengan bayaran yang harus sya bayar ke kampus,,
motivasi saya sangat banyak saat itu,,keluarga saya bilang ayo kamu bisa,,dan harus bisa,,
motivasi yang kedua pacar saya di pastikan akan ke bogor lagi,,dan dia pun akan kuliah dan akan menjadi pengajar juga..
saya hanya berucap dalam hati,,masa saya kalah sebagai imam dia,,
motivasi itu yang selalu menjadi semakin yankin,,apalagi dalam buku sesq di terangkan bahwa nasib kita di tentukan kebiasaan kebiasaan kita,,
maka saya pun harus biasa hidup menjadi orang yang baik dan punya cita cita yang tinggi,
dengan dorongan itu pun saya banyak berguru pada orang orang yang mempuyai keilmuan tinggi agar suara hati ini bisa terjaga,,
di tambah lagi dengan doa doa yang saya panjatkan..
banyak hal yang terjadi ketika kuliah,,
hingga sidang sekripsi pun di mulai,,
ada kejadian unik dan luar biasa di sini,,
saya hanya meminta doa pada guru,orang tua,pacar,,
dan pada Alloh yangv maha berkehendak atas segala sesuatu,,
dan alhasil saya tidak kurang dari 15 menit saya di sidang oleh para dosen,,
saya membuat judul skripsi saya yang bejudul,,"pengaruh motivasi terhadap prestasi"..
itulah yang saya rasakan ,,kalau dalam buku esq di terngkan yang membedakn orang sukses dan yang gagal adalah pada motivasi nya,,dan saya rasakan kebenarannya.
dengan iringan ilmu,guru,orang tua,dan doa yang kuat,,
semua harapan iti terwujud,,
dan kamu pacar  tercintaku, terimaksih selalu ada di belakang saya dalam menjalani perjalanan hidip saya yang komplek ini,,
dan di antara teman teman sewaktu mts,,
Alhamdulillah hanya saya yang bisa kuliah,,mreka akhirnya sibuk bekerja,,
sedang saya beusaha mewujudkan perjalanan sukses saya,,
hingga saya hanya ingin bertyemu denga Alloh yang mah hak,,
itulah perjalanan dan cita cita sesungguhnya,,
mungkin yang saya belum bisa adalah naik haji ke baitulloh,,
smoga itu juga bisa terwujud atas izin dan ridlo -Mu  yaa Alloh,,

terimakasih pada paman saya yang selalu melatih mental say untuk slalu bisa mejadi juara,
pada orang tua saya yang slalu mendoakan saya,,
pada guri guru saya yang banyak mengajarkan ilmu smoga barokah,,
dan pada husni firda barsyiah,,
kamu slalu menjadi motivasi dan cinta sya,,
makasih banyak i love you,,


inilah makna dari iman ,islam dan ihsan.
dalam perjalan hidup saya,
keyakinan pada Alloh,di iring dengan ilmu yang barokah,doa yang luar biasa,,
insya Alloh..
sekeras rintangan itu,,akan kita hadapi dan terlewati,


ungkapan guru saya
kita ibarat perahu,yang akan meleawti samudra yang luas,akan ada badai,ombak yang mendera,maka kuatkan perahu dan siapkan bekal dalm perjalanan menuju pulau harapan kita,
maksud dari perahu adalah iman kita,samudera adalah dunia ini,ombak dan badai adalh yang akan
membuat kita goyah maka siapkan bekal,,bekal nya adalah ilmu,,
dan ulau harapan itu adalah ridlo Alloh,,


subhanalloh ,walhamdulillah,wa laa ilaha illallohu wallohu Akbar,,

senin
17 september2012
12.52 pm
kutangara malangbong garut..

1 komentar: