Jumat, 14 September 2012

2 buku teory

inilah buku favorit saya,,"rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual"(ESQ)rukun iman,rukun islam,dan tahap penyempurnaan ihsan.buku itu di cetak pertama mei 2001,,tapi saat itu saya masih kelas 2 mts,,belim banyak tau tentang buku itu,,maklum saya sekolah di kampung yang cukup jauh dari informasi,saya mengenal buku ini saat saya sekolah di MA Al ulfah kelas 2 ,2004 tepat nya,,berbarengan dengan kisah cinta saya dengan yang namanya "husni firda barsyiah",,
saat itu saya sedang di hadapkan dengan krisis identitas,masa pencarian jati diri,,sebab saat itu bapak saya menikah lagi,,ouw,,,betapa hancur dan kecewa nya hati saya,,sebab bapak saya adalah salah satu tokoh favorit dalam kehidupan saya,,
waktu itu sekolah saya pun goyah luar biasa,bahkan saya tadinya mau keluar sajja,,
lalu saat itu ada geffi teman dan saudara saya yang mengajak ke garut untuk menenangkan susasana hati saya yang sedang galau luar biasa,
di garut kota saya melihat buku esq itu,,lalu saya baca baca sedikit tentang buku itu,,
dan wow,,,luar biasa ketika saya pertama kali baca buku itu saya serasa berselencar ke dalam thowaf suara hati 40 hz..dan bergetar nya suara hati yang fithrah,,yang membuat paradigma saya kembali fresh,dengan bermodal keberanian itu,,saya kembali sekolah dan mencoba optimal kembali walau sudah cukup telat saya mengembalikan reputasi rangking dalam belajar saya,,saya jatuh melorot ke papan tengah menjadi rangking 6,,
padahal saya selalu menjadi langganan rangking satu,,
saya  masih ingat jelas di halamn pertama penulis menceritakan tentang teory EQ dan SQ,
disana ada pandangan tentang penciptaan karakter yaitu "taburlah gagasan,petiklah perbuatan,taburlah perbuatan,petiklah kebiasaan,taburlah kebiasaan ,petiklah karakter,taburlah karakter dan petiklah nasib"artinya salah satu yang sangat menentukan nasib kita adalah karakter kita,,dari mana sumber karakter yaitu dari kebiasaan,,,dan dari mana kebiasaan yaitu dari pemikiran kita,,jadi hati hati dengan kebiasaan kita,,sebab pada akhirnya kebiasaan kita cukup menentukan nasib kita,,subhaanaloh,,
saya sangat suka ungkapan itu,,
berangkat dari itu saya selalu mencoba membiasakan bergaul dengan orang orang yang punya pengaruh besar dalam masyarakat,dengan guru yang di hormati dengan keilmuannya,dan teman teman saya yang mempunyai motivasi ingin dan harus sukses dalam hidupnya,,
dan saya juga selalu berdoa kepada Alloh agar semua sikap dan kebiasaan baik saya di tepatkan oleh Alloh,,Amiin,
di buku itu juga di terangkan beberapa belenggu hati yang membuat kita gagal bahkan menghalangi fithrah kita selaku manusia spiritual,,
yaitu :
-prasangka negatif
-pengaruh prinsip hidup
-pengalaman
-kepentingan dan prioritas
-sudut pandang
-pembanding
-literatur
walau masih cukup bingung saat itu untuk memahami buku ini,,tapi tiap hampir setiap malam saya buku terus buku ini,,dan saya berusaha memahami dan mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari hari,
tahun 2005akhirnya saya lulus SMA dan saya harus bekerja untuk menebus ijazah saya,,,
saya bekerja di bangunan yang notabenenya adalah pekerjaan yang cukup keras,,tapi saat itu itulah yang cukup instan untuk mendapatkan uang segar,,
saya ikut kerja di bandung,di ujung berung tepat nya,,
serasa keras kehidupan saat itu,,
sedih liuar biasa,,saya yang menjadi aktifis osis harus kerja mengaduk semen dan pasir,,woowwww,,,,
saya hanya bisa menjalani hidup apa adanya saat itu,,betapa mindernya saat itu,,
tapi kembali sebab buku itu semangat saya kembali banngkit..bahwa saya harus berubah untuk lebih bai dan besar,,
apalagi ssat itu cinta saya pada belahan jiwa saya sedang menggelora luar biasa,,
saya hanya bisa berucap dalam hati..."nda saya akan buktikan saya bisa..!!!"
3 bulan saya bekerja disana,,
lalu saya hijrah lagi ke cimahi,,sama masih di bangunan dengan mandor yang berbeda tentunya,,
di daerah inhoptenk bandung,
ke cimindi,
jakarta,,dan terakhir dibekasi,,
setahun saya kerja di bangunan ,,buku itu selalu menemani malam malam saya di saat saya mau tidur,,,
saya masih ingat ketika itu tanggal 9 juli 2006 saya pulang karena paman saya menikah,,
betapa senang nya saat itu,,karena saya ke ondangan bersama pacar saya firda,,kencan pertama dengan sang pacar,,maklum kami jarang akur,,selalu beradu urat syaraf,,tapi yang menjadi luar biasa nya adalah saya selalu makin cinta sama dia..
senang nya saat itu,,
sesudah nikah paman saya,,
saya di tawari mengajar di sekolah mts ,tempat saya belajar dulu,,
hohow,,,
serasa mimpi dan aneh luar biasa,,
saya belum pernah membayangkan hal itu sebelumnya,,
saya hanya bisa nanya sama orang tua saya,,gimana ma,pa,,,saya di tawari ngajar,,,,
ema menjawab,,gimana kkamu ajjah,,
terus saya nanya sama sang pacar,,nda gimana kalau wahyu ngajar,,
dia bilang bagus attuh a,,
17 juli 2006..
akhirnya saya menjadi squadrom\mn pasukan pengajar di yasmu,,
yang luar biasa nya lagi,,saya langsung mengajar 4 mata pelajaran sekaligus,,
b arab,b inggris,olahraga.dan ips..
wowww spektakuler,,,
saya jadi inget tentang buku esq itu,,bahwa kebiasaan kita cukup menentukan nasib kita,,
waktu terus berjalan,,
2007 akhirnya saya memberanikan diri untuk memulai kuliah,,
padahal saat itu gaji saya selalu tidak cukup..saya hanya bermodal yakin Alloh sangat mencintai orang yang ,menuntut ilmu,,dan akan di tinggikan beberapa derajat,,
dan dengan optimalisai doa dan usaha saya 27 juni 2011 bisa menyandang gelar sarjana..
Alhamdulillah,,
hingga puncaknya buku itu selalu berada di saat saya dalam keadaan down to earth...
dan kamu firda,,,kamu selalu menjadi penyeimbang saya dalam perjalanan hidup saya,,
terimakasih banyak,,
dari buku ini yang belum bisa saya amalkan adalah total action,.
yaitu bisa naik haji ke baitulloh,,,
semoga saya di berikan kesempatan oleh Alloh untuk beribadah ke baitulloh.
apalagi bersama orang yang saya cintai,,dan menjadi makmum atau istrri saya kelak,,Amiin
demikianlah sepintas 2 buku teory saya esq ,dengan penulis pak ary ginanjar agustian,,sang motivator..
semoga beliau di berikan kesehatan dan selalu ada dalam riodlo Alloh Amiin


iman,islam,ihsan..
iman sebagai pondasi,
islam sebagai realisasi
dan ikhsan sebagai penyepurnaan,yakni akhlakul karimah,,
subhanalloh

1 komentar:

  1. Subhanalloh...
    Fabiayyi 'alairobbikumaa tukadziban cha..😭

    BalasHapus